Mudah! Begini Cara Top Up DANA Lewat ATM BRI, BRIMO dan Biayanya

Mengetahui bagaimana cara top up DANA lewat ATM BRI sangat penting untuk memudahkan kamu dalam menggunakan DANA atau dompet digital.

DANA bisa kamu transfer ke bank lain, termasuk BRI karena gratis biaya admin. Agar kamu dapat mengisi saldo DANA, kamu juga bisa memanfaatkan BRImo yang memudahkan urusan transaksi.

Cara Top Up DANA Lewat Brimo

Aplikasi BRImo merupakan layanan internet banking BRI yang ada dalam bentuk aplikasi mobile pada iPhone dan Android menggunakan user ID dan juga password IB BRI. Brimo juga bisa digunakan untuk internet banking BRI pada web.

Ada begitu banyak fitur BRImo dan salah satunya yaitu membayar BRIva untuk top up saldo pada OVO, DANA, dan ShopeePay.

Cara Pertama

Kode BRIVA sangat penting untuk mengisi saldo DANA lewat ATM BRI ataupun metode pembayaran lainnya yang tidak menyediakan adanya menu saldo digital. Berikut adalah kode BRIVA DANA agar dapat top up atau isi saldo pada BRI: 88810

Selanjutnya, perhatikan nomor HP yang kamu gunakan untuk daftar DANA.

Maka, kode BRIVA atau Virtual Account BRI yang wajib kamu gunakan untuk top up saldo DANA yaitu 88810+Nomor Hp yang sudah terdaftar.

Kode tersebut dapat kamu ambil dari aplikasi DANA atau langsung saja masukkan kode tersebut pada mesin ATM sebagai cara top up dana lewat ATM BRI.

Cara Kedua

Gunakan cara ini jika kamu ingin isi saldo DANA lewat Brimo menggunakan kode BRIVA:

1. Buka BRIMO dan login. Gunakan user ID BRI dan juga password internet banking kamu.

2. Pilih menu BRIVA pada halaman utama BRIMO.

3. Pilih sumber dana apabila rekening lebih dari satu, apabila hanya satu otomatis rekening tersebut yang muncul.

4. Tekan “masukkan Nomor Pembayaran”.

5. Pilih masukkan baru apabila sebelumnya kamu belum pernah isi saldo DANA menggunakan BRIMO, dan pilih daftar tersimpan apabila kode BRIVA DANA telah tersimpan.

6. Selanjutnya, kamu dapat memasukkan kode BRIVA DANA, dan tekan Lanjut.

7. Periksa informasi yang ada pada layar, apakah benar akun DANA tersebut memang milik kamu.

8. Apabila benar, lihat ke bawah, dan isi nominal top up saldo DANA melalui BRImo. Kemudian, masukkan kode promo apabila kamu punya kode promo, contohnya isi 100.000 Rupiah.

9. Apabila sudah, tekan Konfirmasi.

10. Periksa data yang muncul kembali dan informasi dari biaya admin. Apabila sudah OK, tekan lanjut.

11. Masukkan kembali password BRIMO, yaitu password ketika kamu login ke BRIMO sebelumnya.

12. Tekan lanjut, sehingga isi saldo DANA lewat BRIMO bisa berhasil.

13. Simpan bukti top up saldo tersebut.

Kalau kamu sudah mengikuti seluruh prosedur di atas, cek aplikasi DANA. Seharusnya, saldo DANA sudah bertambah.

Baca Juga : Transfer DANA ke ShopeePay Tanpa Ribet dan Penyebab Gagal Transfer

Minimal Top Up DANA di ATM BRI

Sekarang, kamu sudah mendapatkan cara top up dana lewat ATM BRI. Perlu diketahui bahwa ketika ingin top up DANA, kamu sebagai pengguna perlu mempersiapkan kartu debit dan juga nomor VA atau Virtual Account. Selanjutnya, ikuti petunjuk yang sudah ada pada aplikasi DANA. Saldo DANA akan terisi jika seluruh prosedur sudah dilakukan.

Proses top up DANA menggunakan ATM juga terbilang praktis dan mudah. Proses di mesin ATM juga dapat dilakukan dengan cepat, yaitu hanya dua menit. DANA sebagai salah satu e-wallet sering digunakan sebagai dompet digital yang menawarkan berbagai kemudahan transaksi nontunai.

Pengisian top up DANA dapat berguna jika pengguna ingin memakai aplikasi tersebut untuk transaksi non kartu dan nontunai. Kamu bisa menggunakan aplikasi DANA untuk beli pulsa, beli paket data, bayar tagihan, beli tiket, sampai bayar transaksi pada merchant yang menjadi mitra DANA.

Untuk pengguna DANA yang belum upgrade Premium, maksimal top up DANA yang diperbolehkan adalah Rp 2 juta. Sementara akun premium dapat melakukan top up DANA maksimal Rp 10 juta. Sedangkan minimal top up DANA melalui ATM yaitu Rp 10.000.

Biaya Top Up DANA BRI

DANA mempunyai layanan kirim ataupun minta saldo antar pengguna sampai 10 kali gratis transfer ke semua bank. Apabila kuota habis, maka akan ada biaya admin yaitu Rp4.500 tiap transaksi.

Jadi, agar cara top up dana lewat ATM BRI bisa berhasil, salah satu yang harus kamu penuhi adalah memastikan adanya saldo untuk biaya admin apabila ternyata lebih dari 10 kali transfer ke seluruh bank.

Top Up DANA BRI Gagal

Tidak sedikit orang sudah mencoba melakukan cara top up dana lewat ATM BRI, namun mengalami permasalahan. Apabila kamu sudah mencoba berbagai cara top up lewat ATM gagal, maka bisa jadi penyebabnya adalah karena BRI tidak lagi menjalin kerjasama dengan DANA.

Sementara jika kamu menggunakan Brimo untuk Top Up DANA tetapi gagal, berikut adalah alasannya:

1. Koneksi Internet

Penyebab umum yang tidak banyak orang tahu ketika top up DANA yaitu koneksi buruk saat pemrosesan. BRImo adalah salah satu layanan online banking yang memerlukan jaringan internet lancar. Apabila BRImo gagal dalam melakukan top up, bisa saja koneksi yang ada sedang tidak stabil.

2. Saldo BRImo Kurang

Selanjutnya, penyebab Top Up DANA gagal adalah karena saldo rekening BRImo tidak cukup. Jadi, agar tidak gagal, kamu wajib memastikan rekening BRI tersebut tidak kurang atau tidak kosong.

3. Salah Memasukkan Nomor

Penyebab lainnya yang bisa terjadi dan membuat isi saldo DANA gagal adalah salah memasukkan nomor. Kurang atau lebih dalam memasukkan digit angka nomor DANA tersebut menjadi faktor mengapa bisa gagal top up.

4. Perbaikan Server

Penyebab lainnya mengapa tidak bisa top up yaitu karena server BRImo sedang ada perbaikan server atau maintenance. Tidak cuma gagal dalam isi saldo DANA, tetapi terdapat berbagai transaksi lain yang ada di BRImo yang hanya bisa dilakukan hingga server sudah benar-benar diperbaiki.

5. Akun Bermasalah

Penyebab lainnya jika gagal top up DANA lewat Brimo yaitu karena akun BRImo milik kamu terblokir. Pemblokiran terjadi karena adanya kesalahan input username atau password hingga tiga kali berturut-turut. Atau, bisa juga karena telah melanggar ketentuan dan syarat untuk pengguna BRImo.

Penutup

Itulah penjelasan lengkap tentang bagaimana cara top up DANA lewat ATM BRI dan BRImo. Kamu juga mendapatkan informasi lebih lengkap terkait apa penyebab jika top up DANA gagal, baik melalui ATM BRI ataupun aplikasi BRImo.

Jika kamu adalah pengguna aplikasi BRImo dan sedang ingin top up DANA, maka pastikan bahwa koneksi tidak buruk dan benar-benar stabil. Misalnya dengan memanfaatkan penggunaan Wi-Fi rumah atau paket data internet. Jangan lupa untuk memeriksa terlebih dahulu nomor DANA agar benar-benar sudah sesuai.

Leave a Comment